Langsung ke konten utama

5 Langkah Utama Meperbaiki IQ Manusia


Assalamualaikum Wr. Wb.


IQ merupakan potensi genetic yang terbentuk saat lahir dan menjadi mantap pada usia tertentu saat pra-pubertas. Sesudah itu tidak dapat dirubah, dikembangkan atau di tingkatkan. Tetapi, kita dapat sedikit memperbaiki kemampuan kita. “Tidak ada hal yang terlambat untuk memperbaiki sesuatu” dengan beberapa langkah berikut :

Langkah Pertama, berikan otak Anda nutrisi yang tepat, terutama Eicosapentaenoci Asam (EPA), yang ditemukan di ikan berminyak dan minyak ikan. Makanlah makanan yang bervariasi dan seimbang dengan banyak buah-buahan dan sayur-sayuran yang segar, lalu latihanlah (berolah raga) yang teratur untuk membuat tubuh dan otak bekerja dengan baik.

Langkah Kedua, menikmati musik. Psikolog Frances Rauscher dan rekan-rekannya menemukan bahwa mendengarkan musik-musik klasik seperti karya Mozart dapat meningkatkan kemampuan mental. (Lebih baik lagi didengarkan dengan ayat-ayat suci/religious). Penelitian lagin juga menunjukkan bahwa anak yang mendengarkan musik klasik mendapat nilai IQ yang lebih tinggi dibandingkan yang tidak.

Langkah Ketiga, latihlah berpikir. Buat pikiran Anda tetap aktif secara teratur. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa latihan mental dapat meningkatkan nilai IQ hingga 8%.

Langkah Keempat, tidur yang cukup. Kualitas tidur yang baik setiap hari penting untuk fungsi otak. Tidak ada orang yang dapat bekerja dengan baik bila ia kurang tidur.

Langkah Terakhir, berpikirlah positif. Otak Anda akan mendengarkan pesan Anda dan melakukan tindakan. Jika Anda berpikiran negatif, maka otak akan mendengarkan pesan negatif tersebut. Maka lebih baik selalu berpikir positif dan percaya pda diri sendiri.

Waalaikumsalam Wr. Wb.
Be Sociable, Share!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Penelitian: Melelehnya Lapisan Es Abadi Lepaskan Jutaan Ton Karbon

Pesisir Arktik Siberia yang sudah membeku selama puluhan ribu tahun kini melepaskan simpanan karbon ke udara. Penyebabnya adalah meningkatnya suhu dunia yang membuat pesisir tersebut meleleh. Demikian kesimpulan dari penelitian yang diterbitkan Rabu (30/8). Karbon, sumber memanasnya Bumi, sudah terperangkap di sepanjang 7000 km pesisir timur laut Siberia sejak Zaman Es terakhir. Namun memanasnya atmosfer serta erosi pesisir mengoyak lapisan es dan melepaskan sekitar 40 juta ton karbon per tahun ke udara. Angka ini lebih tinggi 10 kali lipat dari yang sebelumnya diperkirakan, menurut penelitian di jurnal “Nature”. Sekitar dua pertiga karbon tersebut lepas ke atmosfer sebagai karbondioksida dan sisanya terperangkap di sedimen lautan bagian atas. Sekitar setengah total jumlah karbon dunia yang terperangkap dalam tanah tertahan di kawasan Arktik. Sementara, menurut penelitian yang dipimpin ole peneliti di Stockholm University, kawasan ini kini sedang mengalami penghangatan iklim dalam skal

Hukum Mencari ilmu

Mencari ilmu syar’i adalah fardhu kifayah yang apabila ada orang yang sudah mempelajarinya maka hukumnya menjadi sunnah bagi yang lainnya. Tapi terkadang mencari ilmu ini menjadi fardhu ‘ain bagi manusia. Batasannya adalah apabila seseorang akan melakukan ibadah yang akan dia laksanakan atau muamalah yang akan dia kerjakan maka dia wajib dalam keadaan ini mengetahui bagaimana cara melakukan beribadah ini dan bagaimana dia melaksanakan muamalah ini. Adapun ilmu yang lainnya  (yang tidak akan dilakukan saat itu) maka tetaplah hukumnya fardhu kifayah. Setiap pencari ilmu harus menyadari bahwa dirinya sedang melaksanakan amalan yang fardhu kifayah ketika mencari ilmu agar dia memperoleh pahala mengerjakan yang fardhu sembari memperoleh ilmu. Tidaklah diragukan lagi bahwa mencari ilmu termasuk amalan yang paling utama bahkan dia adalah jihad di jalan Allah terutama pada zaman kita sekarang ketika kebid’ahan mulai nampak di tengah masyarakat Islam dan menyebar secara luas, dan ketika kebodoh

Cara Bersembunyi Hewan Yang unik